"Hello"




Adakah yang pernah berpikir darimana asal kata “hello”?

Pertama, telepon ditemukan oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1870 an. Pengguna telepon merasa perlu untuk menemukan sebuah tanda saat percakapan akan dimulai. Kemudian Mr. Bell (Alexander Graham Bell) sebagai penemu telepon, mencoba menawarkan sebuah kata yaitu “Ahoy, Ahoy” untuk memulai suatu percakapan. Bukan hanya itu, bahkan beberapa orang melakukan eksperimen dengan menggunakan berbagai ucapan salam, seperti “What is wanted?”, “Are you there?”, “Are you ready to talk?”

Mr. Bell sendiri menawarkan ucapan salam seperti itu dengan alasan bahwa kata itu adalah ucapan salam dan istilah bidang kelautan yg diadopsi dari suku Gaelic (salah satu suku bangsa di Skotlandia). Kenapa Mr Bell mengambil salam milik suku Gaelic. Ya.. karena Mr. Bell dilahirkan di Skotlandia.

Sayangnya, penawaran dari Mr. Bell ternyata tidak diikuti oleh sebagian pengguna telepon. Mereka lebih memilih untuk menggunakan kata yang dipakai oleh salah satu rival Mr. Bell yaitu Thomas Edison.

Pada tahun 1980, seorang mahasiswa bernama Allen Koenigsberg menemukan fakta bahwa pada tanggal 15 Agustus 1870, Edison menulis surat kepada Mr. T.B.A. David, president of Pittsburgh’s Central District and Printing Telegraph Company dengan mengucapkan salam pembuka “Hello”.

Lalu asal kata “Hello” sendiri adalah dari kata “halloo”, sebuah panggilan kepada seorang nahkoda kapal agar kapal yang ia nakhodai mendekat.

Ho…. jadi begitu ceritanya.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

helloooo... :D


    ShoutBox