Menyulam



Menyulam adalah hobi baru aku nih, yah walaupun masih tahap coba2 dan menggunakan benang wol karena masih belajar, dan masih menggunakan pola pada kainnya,  maklum beginner gitu loh....

Kristik (Crosstitch / Point de croix) adalah salah satu tehnik menyulam yang mudah diwujudkan. Prinsip utamanya adalah membuat dua garis yang menyilang secara diagonal, Kain yang digunakan adalah kain khusus untuk kristik bagi pemula. Bila anda sudah biasa membuat kristik, anda juga dapat membuatnya pada kain biasa. Kain khusus untuk kristik tersedia dalam berbagai warna dan ukuran (tergantung besarnya satu satu titik persilangan).

Untuk benangnya, usahakan untuk menggunakan benang khusus menyulam. Bisa juga memakai benang wol, tapi hasilnya tidak akan sebaik bila dikerjakan dengan benang sulaman. Merek benang sulam yang bermutu tinggi adalah DMC.

Untuk memulai kristik, kita dapat mencontoh gambar dari pola suatu majalah, ataupunkita dapat membeli satu paket kristik lengkap dengan benang, pola dan kainnya. Apa bila kita ingin membuat sendiri pola kristik,dapat menggunakan sotware komputer yang dirancang untuk membuat kristik, seperti crossstitch (http://www.ursasoftware.com/index.htm), winstitch (http://www.win-stitch.com), (http://www.pc-stitch.com) dan banyak lagi. Dengan sotware khusus tersebut bahkan dapat membuat kristik dengan pola foto kesayangan kita.

Selamat Menyulammmmm :)




0 komentar:


    ShoutBox